Selasa, 19 Juli 2011

AMPUH 'Menjadi Cerdas Tanpa Batas'

Kalau kita memandang belajar dari kacamata yang salah, maka kita akan memiliki arti belajar hanya sebatas itu saja. Contohnya "Belajar bikin bete". "Belajar lama-lama nanti pake kacamata minus lho?" " Belajar sih bisa ngurangin temen" "Belajar cuma ngabisin waktu."

Padahal sebenernya kamu bisa melihat dari sudut pandang yang berbeda; "Fisika itu asik," kata Pak Yohannes Surya (red.Penulis pada rubrik Fisika Itu Asyik di Harian Kompas), "Nulis itu asyik," kata Radytia Dika si Kambing Jantan, "Matematika itu asyik," kata Baban Sarbana (red.penulis buku cerdas tanpa batas), "Disain itu asyik," kata Witri Utami (itu kata saya lho!).

Melalui artikel ini saya ngajak kamu untuk melihat belajar dan tentu saja memahami yang namanya cerdas dari kacamata AMPUH.

Sekarang saya mau jelasi dikit tentang apa itu AMPUH:

Ambil kesempatan. kamu perlu melihat dunia yang kamu jalani sebagai kesempatan yang harus kamu manfaatkan, karena pas kesempatan gag kamu ambil, maka kamu menjadi kesempitan.

Mantapkan motivasi. kamu perlu membekali diri dengan motivasi yang mantap, setiap langkah yang kamu jalani adalah bagian dari sukses yang kamu rencanakan dan dapat membuat kamu makin dewasa dalam pikiran dan tindakan.

Pelajari Ketempilan. Model lain yang gag kalah penting untuk dipelajari adalah keterampilan, yang bisa bikin kamu lebih "ahli" dengan menguasai keterampilan berpikir dan belajar.

Usaha optimis. kamu akan mengalami kegaglan dan kesuksesan; yang paling penting bukan tentang apa yang kamu alami, melainkan bagaimana kamu menghadapi pengalaman tersebut; kamu butuh kunci-kunci untuk mengatasi baik kegaglan maupun kesuksesan.

Hidup seimbang. kamu tidak hanya memahami apa yang kamu yakini, tetapi perlu juga mewujudkan dalam kehidupan sehari-hari; kmau harus menjadi model melakukan apa yang kamu yakini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar