Sabtu, 25 Februari 2012

Komponen Jaringan Komputer (Lanjt...)

21 Februari 2011

Fiber Optik

Kabel serat optik atau sering disebut kabel FO merupakan kabel yang terbuat dari kaca (ada pula yang dari plastik) yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan adalah laser, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi yang sangat tinggi menjadikan kabel FO cocok digunakan sebagai saluran komunikasi. Dalam sistem transmisi Fiber Optic, cahaya lampu dan sinyal optik, “bertugas” membawa informasi, baik dalam bentuk digital maupun analog. Dalam pengoperasiannya, cahaya itu “diikat” dalam serat (fiber).
Jenis-jenis Fiber Optik
Fiber optik terdiri dari dua jenis, yang dikenal sebagai single mode dan multi mode. Single mode dapat menjangkau jarak yang lebih jauh dan hanya mengirim satu sinyal pada satu waktu. Multimode mengirim sinyal yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada sudut refraksi yang berbeda pada saat yang bersamaan, mengirim data pada susut refraksi yang berbeda. Single mode dapat menjangkau ratusan kilometer sedangkan multimode biasanya hanya mencapai 550 meter atau kurang.

Tabel dibawah ini mnunjukan perbedaan antara kabel FO tipe multi mode dan single mode :

Multi Mode
Single Mode
Indek sinar yang digunakan
Menggunakan lebih dari satu indeks sinar, mengakibatkan sinar yang ditrasmisikan mengalami pemantulan berkali-kali
Menggunak satu indeks bias saja yang tidak terpantul dalam optic.
Sumber cahaya
Menggunakan LED sebagai sumber cahaya
Menggunakan sinar laser sebagai sumber cahaya
Ukuran core kabel
50-100 mocrometer
8-10 micrometer
Bandwidht yang dibawa
Membawa bandwidht yang terbatas
Membawa bandwidht yang lebih banyak
Cost yang dibutuhkan
Membutuhkan cost yang tidak terlalu banyak
Membutuhkan cost yang besar dalam oenggunaanya

Tabel 1. Perbedaan Antara Multimode dengan Singlemode

Conektor 
Connector adalah ujung dari fiber optik, yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat jaringan dengan kabel FO juga merupakan hal yang sangat penting untuk kelancaran komunksi. Konektor juga berfungsi untuk menjaga agar serat kaca dalam kabel terhubung dengan baik ke perangkat trasmitter maupun receiver tanpa adanya gangguan dan masalah dalam hubungan ini. Pada kabel FO, konektor biasanya memiliki tipe standar seperti berikut : 

ST (Straight Tip)
Sangat umum digunakan baik untuk multi mode maupun single mode. Bentuknya seperti bayonet berkunci hampir mirip dengan konektor BNC 



SC (Subscriber Connection)
Digunakan untuk kabel single mode, dengan sistem dicabut pasang. Konektor ini tidak terlalu mahal, simpel dan dapat diatur secara manual serta akurasinya baik bila dipasangkan keperangkat lain.



LC
Konektor baru yang menggunaka pelindung 1,25 mm. Selain itu LC memiliki kinerja yang bagus, seperti umumnya digunakan untuk konfigurasi single mode. Tersedia juga dalam bentuk duplex. konektor yang standar digunakan adalah jenis konektor LC.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar