Rabu, 08 Februari 2012

Komponen Jaringan Komputer

Senin, 7 Feb 2012 

Pengertian Jaringan Komputer
Sebelum masuk kedalam penjelasan komponen-komponen jaringan komputer mari kita bahas terlebih dahulu apa itu komputer?.. ^_^
Komputer adalah seperangkat alat elektronik yang menerima input dan menghasilkan output berupa informasi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Dan Jaringan komputer adalah jaringan yang dibangun antara dua atau lebih komputer agar bisa saling borkumunikasi dan bertukar informasi antar satu sama lainya.

Komponen Jaringan Komputer
1) Komputer
2) NIC
3) Sistem Transmisi
4) NOS
5) Network Device


Komputer
Seperti yang sudah dijelaskan diatas komputer merupakan alat yang berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia. komputer merupakan komponen utama didalam jaringan. karena komputer digunakan sebagai antar muka bagi user. Komputer didalam penggunaanya terbagi menjadi dua bagian yaitu; komputer sebagai server dan komuter sebagai client.
Komputer sebagai server adalah komputer yang bertugas memberikan layanan kepada PC  Client, sedangkan komputer sebagai client adalah komputer yang menerima layanan dari PC server. Pengertian tersebuat tergantung oleh fungsi komputer dalam suatu jaringan. Data-data yang berada di Server yang berada di server disimpan didalam data senter. Data senter (pusat data) adalah pusat penyimpanan data yang merupakan tempat meletakkan perangkat server (tempat berjalannya aplikasi) dan perangkat jaringan lainnya.
Server dibagi menjadi dua yaitu server dedcated dan server undedcated. Ada macam-masam server seperti file server, mail server, voice server, print server, terminal server.

NIC (Network Interface Controller)
NIC merupakan bagian hardware komputer yang dirancang agar komputer bisa saling berkomunikasi. NIC sering disebut Network Card. fungsi dari Network Card:
1) Media pengirim data ke komputer lain didalam jaringan
2) Mengontrol data flow antara komputer dan sistem kabel
3) Menerima data yang dikirim oleh komputer lain lewat kabel dan menerjemahkanya kedalam bit yang dimengerti oleh komputer.
Kecepatan jaringan paling tinggi saat ini adalah 10 Gigabit Ethernet.


Media Transmisi
Media transmisi adalah media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima informasi (data), karena jarak yang jauh, maka data terlebih dahulu diubah menjadi kode/isyarat, dan isyarat inilah yang akan dimanipulasi dengan berbagai macam cara untuk diubah kembali menjadi data. Media taransmisi data dibedakan menjadi dua, yaitu media kabel (wireline) dan Media nirkabel/tanpa kabel (wireless).
Media kabel (wireline) berupa cooper/tembaga. ada beberapa jenis media transmisi data yang berupa kabel :
1) UTP/STP
2) Fiber Optic
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar